Friday, November 25, 2016

Strategi Pemasaran (Marketing Plan) Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran (Marketing Plan) Untuk Meningkatkan Penjualan
Kesuksesan seseorang untuk menjual produknya sangat ditentukan oleh bagaimana cara dia memasarkan prouknya.Strategi pemasaran dan marketing plan yang baik dan efektif akan meningkatkan penjualan produk kita.Tidak heran banyak perusahaan yang rela menghabiskan banyak uang untuk strategi pemasaran (marketing) produknya.Berbagai media pemasaran pun ikut menerima imbas positifnya dengan semakin berkembangnya media media pemasaran baik cetak ataupun eletronik.Tapi apakah kebanyakan dari mereka menyiapkan strategi pemasaran (marketing plan) yang baik?.Apakah dengan memasang iklan di berbagai media dengan masif sebanding dengan penghasilan yang akan diterima?.Banyak dari kita tidak memperhitungkan apakah dengan memasang billboard atau iklan di televisi,koran dan lain lain akan langsung berpengaruh kepada produk kita.Strategi marketing dan marketing plan yang baik sangat penting sebelum kita melakukan berbagai aktivitas pemasaran.Berikut saya sajikan beberapa strategi marketing untuk meningkatkan penjualan produk kita:

Strategi Marketng Yang Baik Dan Efekti

Kekuatan rekomendasi

Rekomendasi merupakan pemasaran pasif yang sangat efektif untuk mendatangkan pelanggan dan meningkatkan penjualan.Orang akan lebih memeilih produk yang direkomendasikan oleh temannya daripada produk lain.Bagaimana cara kita untuk mendatangkan banyak rekomendasi dari produk kita untuk orang lain Rekomendasi datang dari orang yang puas dan senang dengan produk atau pelayanan kita.Jadi intinya untuk mendatangkan rekomendasi yang baik terhadap produk kita fokus yang harus di tingkatkan adalah membuat pelanggan kita senang.Beberapa cara untuk membuat pelanggan kita senang antara lain dengan cara:
  • Memberi hadiah kepada pelanggan
Siapapun orang pasti akan senang bila diberi hadiah tak terkecuali pelanggan kita.Déngan memberi hadiah kepada pelanggan kesan yang didapat untuk perusahaan kita adalah tidak hanya mementingkan keuntungan semata tetapi juga care terhadap pelanggan setianya.Hal ini akan memancing lêbih banyak pelanggan loyal untuk produk kita.
  • Memberi pelayanan lebih (pelayanan ekstra)
Pelayanan yang baik akan memberi kenyamanan kepada pelanggan kita untuk kembali lagi belanja atau menggunakan produk dan jasa kita.Pada perusahan perhotelan atau penginapan misalnya dengan memberi ekstra coffe atau teh secara gratis akan membuat pelanggan merasa diperhatikan.Memberi hadiah dan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan setia kita juga salah satu pelayanan efektif yang bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa kita.Fasilitas yang lebih dari para pesaing juga merupakan strategi pemasaran yang baik daripada pertarungan harga.Memberi fasilitas yang lebih dengan harga yang sama dengan kompetitor akan membuat produk kita membangun brand awarenessnya sendiri karena dikenal dengan pelayanan yang baik.
  • Perhatikan kebersihan dan kualitas produk kita
Saat ini semakin banyak orang yang mencari kualitas yang baik daripada barang dengan kualitas rendah dengan harga murah.Kualitas yang baik dari produk atau jasa kita akan lebih dicintai oleh pelanggan.Pernahkah anda mendengar orang berceloteh barang ini awet sekali,barang ini bahannya bagus dan celoteh celoteh lainnya?".Itulah yang menjadikan produk kita lebih dikenal oleh masyarakat karena kualitasnya.Begitu juga kebersihan produk dan tempat jualan kita.Pernahkah anda jálan ke restoran atau rumah makan dengan teman anda tetapi teman anda mengajak anda pergi karena tempatnya kotor?.Itulah alasan alasan mengapa kualitas dan kebersihan produk kita menjadi sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan rekomendasiorang terhadap produk kita.

Itulah beberapa cara untuk mendatangkan banyak rekomendasi terhadap produk kita.

Kekuatan Diskon

Kata kata diskin adalah mantra yang sangat ajaib untuk mendatangkan banyak pelangngan.Strategi pemasaran (Marketing Plan) dengan cara diskon ini sangat efektif karena berpengaruh langsung kepada pelanggan kita.Pernahkan anda melihat orang yang begitu hebohnya dengan kata kata diskon akhir tahun,diskon kemerdekaan,cuci gudang dan diskon lainnya?.Masyarakat terasa seperti terhipnotis dengan kata kata tersebut.Berikanlah diskon yang sebenarnya bukan hanya diskon semu (trade diskon) kepada pelanggan kita.Masyarakat sudah semakin pintar dan sangat jeli ketika berbelanja sehingga mereka bisa membedakan mana diskon yang sebenarnya dan mana diskon yang palsu.Berikan diskon yang rutin seperti di hari hari kemerdekaan atau hari lainnya karena hari hari tersebut biasanya akan semakin diingat oleh pelanggan.


Itulah beberapa tips dan strategi pemasaran (marketing plan) untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa kita. Intinya lakukan pemasaran (marketing) yang Langsung berdampak terhadap pelanggan kita.Tingkatkan investasi yang lebih banyak untuk pelayanan dan peningkatan kualitas produk atau jasa kita.Memasang iklan dìberbagai media baik cetak maupun elektronik memang sangat baik untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa kita jika dilakukan dengan baik dan tidak berlebihan.Jangan sampai investasi untuk pemasangan iklan diberbagai media lebih tinggi daripada investasi kita untuk pelayanan dan peningkatan kualitas produk kita.Investasi pelayanan dan kualitaslah yang akan membuat pelanggan lebih senang dan lebih loyal terhadap produk dan jasa yang kita berikan.

Sekian artikel tentang strategi pemasaran (marketing plan) untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa.Semua tips diatas hanyalah opini dari penulis yang mungkin masih banyak kekurangan dan kelemahan.Maka dari itu saran an kritik atau tambahan ide sangat dibutuhkan untuk memajukan blog ini agar lebih bermanfaat lagi.Silahkan isi saran,kritik maupun tambahan ide anda di kolom komentar.

Terima kasih




No comments:

Post a Comment